Jumat, 07 Januari 2011

Gawker Di-Hack


Gawker.com mengungkapkan bahwa database-nya telah di-hack pada awal Januari 2011 ini. Situs penyedia layanan content blog, gosip, hingga teknologi itu kini mendesak para penggunanya untuk mengubah password mereka. Pemilik Gawker mengklaim bahwa aksi hacker tersebut hanya berlangsung beberapa pekan.

Klaim tersebut spontan dibantah sumber terkait dengan Gnosis, kelompok spesialis hacker. Menurut mereka, database Gawker justru sudah "dimiliki" sejak enam bulan silam. Si penjebol akses tadi pun hanya menggunakan sebuah komputer jinjing. Pembuktiannya, Gnosis langsung menyebarluaskan data 1,3 juta nama pengguna, alamat email, sekaligus password secara online. Beberapa di antaranya sudah "dimainkan".

Nasib buruk yang dialami Gawker diyakini lantaran ada blog di dalamnya yang mengkritik 4chan, website forum yang terkenal usil. Sementara 4chan pun terkait erat dengan kelompok hacker yang melancarkan serangan balik secara online untuk mendukung WikiLeaks.

Keyakinan itu ditambah dengan pengakuan seseorang tanpa nama yang juga bertanggung jawab atas serangan terhadap PayPal, Visa, Mastercard, dan PostFinance. Menurut dia, inilah pembalasan yang diterima Gawker karena ikut bertindak semena-mena terhadap WikiLeaks.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | lasik eye surgery | accountant website design